Hari Toilet Sedunia, Ini Pentingnya Menjaga Kebersihan Toilet di Rumah

Tidak dapat dimungkiri bahwa toilet sering kali menjadi tempat yang kebersihannya terabaikan. Menurut studi dari Vixal, brand Unilever untuk pembersih toilet, lebih dari 70% rumah tangga Indonesia belum membersihkan kamar mandinya dengan benar.

Alhasil, kuman dan bakteri pun berkembang biak di dalamnya. Hal ini bisa merugikan penghuni rumah tersebut. Bagaimana bisa? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

1. Toilet yang kotor akan menjadi sarang bakteri

Hari Toilet Sedunia, Ini Pentingnya Menjaga Kebersihan Toilet di RumahTalkshow yang diadakan Vixal pada Senin (18/9/2019). Dok. Vixal

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Unilever, di dalam sebuah toilet, terdapat lebih dari 100 juta kuman yang berisiko menyebabkan penyakit pada penggunanya. Tak hanya itu, toilet juga merupakan tempat kita membuang kotoran dan sisa makanan. Maka tak heran jika ada banyak kuman yang menempel di sana.

“Sebagai gambaran, rata-rata feses seseorang dalam kondisi normal mengandung sekitar 11 miliar kuman per gramnya. Jadi ada ratusan juta kuman di dalam sebuah toilet dan kamar mandi,” ujar dokter mikrobiologi klinis Dr. dr. Wani Gunardi, Sp.MK (K).

2. Kuman tersebut dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit

Hari Toilet Sedunia, Ini Pentingnya Menjaga Kebersihan Toilet di RumahIlustrasi. forbes.com

Perlu diketahui bahwa kuman dan bakteri yang menempel di kamar mandi kita dapat menjadi biang kerok berbagai jenis penyakit. Mulai dari diare, gangguan saluran pencernaan dan pernapasan, juga penyakit kulit. Terlebih lagi, ketika tubuh tidak fit, maka semua jenis penyakit tersebut bisa menginfeksi dengan mudah.

3. Orangtua memegang peran penting dalam menjaga sanitasi sehat

Hari Toilet Sedunia, Ini Pentingnya Menjaga Kebersihan Toilet di RumahTalkshow yang diadakan Vixal pada Senin (18/9/2019).Dok. Vixal

Untuk mewujudkan toilet rumah yang bersih dan sehat, orangtua memegang peranan penting. Bagaimana pun juga, perilaku mereka akan dicontoh oleh anak-anaknya. Hal ini juga dialami oleh Ayu Dewi, ibu dari tiga anak sekaligus Brand Ambassador Vixal.

“Sebagai orangtua, aku harus menanamkan kebiasaan hidup sehat. Apalagi sekarang ada baby di rumah, aku jadi ekstra memperhatikan kebersihan toilet dan kamar mandi,“ kata Ayu Dewi.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkan toilet rumah yang bersih dan sehat. Salah satunya adalah dengan membersihkannya secara rutin menggunakan pembersih antibakteri. Cairan tersebut dapat membunuh bakteri sekaligus kerak yang menempel.

4. Kebutuhan sanitasi yang sehat dibutuhkan oleh seluruh masyarakat Indonesia

Hari Toilet Sedunia, Ini Pentingnya Menjaga Kebersihan Toilet di RumahRangkaian produk Vixal. Dok.Vixal

Bertepatan dengan Hari Toilet Sedunia 2019, Vixal ingin mengingatkan masyarakat Indonesia akan pentingnya menjaga kebersihan toilet. Salah satu wujud komitmen tersebut adalah dengan menjalin kemitraan dengan PKK, Posyandu, sekolah, dan LSM.

Brand milik Unilever tersebut mengedukasi para ibu, guru, dan siswa untuk terus menjaga kebersihan toilet di rumah dan tempat umum. Tak hanya itu, Vixal juga menghadirkan tiga rangkaian produk pembersih kamar mandi yang terjangkau, yaitu Vixal Pembersih Kamar Mandi, Vixal Pembersih Toilet, dan Vixal Bubuk.

“Dengan harga terjangkau Rp500 dari Vixal Bubuk, kami berharap lebih banyak masyarakat Indonesia bisa mendapatkan akses untuk toilet sehat dan terlindung dari bahaya kuman di toilet,” tutup Antonius PanduSenior Brand Manager Cleaners, Unilever Indonesia.