Hati-hati, Ini Lho 7 Bahaya Makanan Bernitrogen untuk Tubuh Kita!

Sempat booming dan jadi tren, makanan yang diolah menggunakan zat nitrogen masih digandrungi sampai sekarang. Banyak kafe di kota-kota besar yang menyediakan olahan makanan nitrogen cair, seperti snack dan es krim.

Sensasi unik saat memakannya membuat kita penasaran dan ketagihan. Meski demikian, makanan yang diolah dari nitrogen ini ada bahayanya, lho. Yuk, intip tujuh bahaya nitrogen di bawah ini!

1. Memicu tumbuhnya sel kanker

Hati-hati, Ini Lho 7 Bahaya Makanan Bernitrogen untuk Tubuh Kita!medicalnewstoday.com

Adanya nitrogen berlebih di dalam tubuh bisa berubah jadi zat karsinogenik atau pemicu kanker. Hal tersebut terjadi karena tubuh kita hanya bisa menetralisir jumlah tertentu dari nitrogen yang masuk.

Nitrogen juga sedikit berisiko untuk orang yang pernah terkena tumor sebelumnya, walaupun jinak sekalipun. Paparan nitrogen aktif akan membuatnya tumbuh menjadi kanker. Hati-hati ya!

2. Mengganggu fungsi tiroid

Hati-hati, Ini Lho 7 Bahaya Makanan Bernitrogen untuk Tubuh Kita!babymed.com

Sebagai salah satu kelenjar terpenting untuk menyeimbangkan tubuh kita, kelenjar tiroid bisa terganggu karena adanya nitrogen, lho. Ketika fungsinya menurun atau bahkan tidak berfungsi, imun tubuh juga akan turun. Imbasnya, kita akan lebih mudah sakit. Waduh!

3. Menyumbat aliran darah

Hati-hati, Ini Lho 7 Bahaya Makanan Bernitrogen untuk Tubuh Kita!newatlas.com

Mengonsumsi makanan yang diolah dengan nitrogen bisa menyebabkan aliran darah terganggu. Hal itu terjadi karena tingkat nitrogen dalam darah meningkat. Jika hal ini terjadi untuk waktu yang lama, maka jantungmu bisa dalam bahaya.

4. Menurunkan pasokan oksigen

Hati-hati, Ini Lho 7 Bahaya Makanan Bernitrogen untuk Tubuh Kita!aquaread.com

Dengan aliran darah yang tersumbat, oksigen yang tersebar ke otak dan jantung secara otomatis juga akan terpengaruh. Otak kurang mendapatkan pasokan oksigen sehingga, kamu bisa gak sadarkan diri.

5. Sesak napas

Hati-hati, Ini Lho 7 Bahaya Makanan Bernitrogen untuk Tubuh Kita!healthlibrary.in

Dengan kemampuannya yang mampu mengikat oksigen di alam terbuka, nitrogen cair bisa bikin sesak napas. Aduh!

6. Mengurangi asupan vitamin A

Hati-hati, Ini Lho 7 Bahaya Makanan Bernitrogen untuk Tubuh Kita!healthline.com

Selain oksigen, nitrogen mampu mengikat vitamin A. Jadi kalau kamu mengonsumsi makanan nitrogen yang mungkin sumber vitamin A, kandungannya bakal hilang. Sayang banget ya!

7. Menyebabkan luka bakar

Hati-hati, Ini Lho 7 Bahaya Makanan Bernitrogen untuk Tubuh Kita!rawpixels.com

Yang paling terasa dampaknya adalah nitrogen bisa membakar kulit. Beberapa nitrogen memiliki konsistensi yang tinggi sehingga bisa membakar, apalagi kalau kulit kamu sensitif.

Mengonsumsi makanan yang diolah pakai nitrogen sih boleh-boleh saja, apalagi rasanya yang enak dan tampilannya yang unik. Tapi, jangan sering-sering ya!