Hendak Jemput Ikan dari Nelayan, Warga Kaget Temukan Mayat Bayi Mengapung di Laut

Seorang warga Kepulauan Mandangin, Kabupaten Sampang, Jawa Timur (Jatim), kaget setelah menemukan sesosok mayat bayi perempuan mengapung lengkap dengan tali pusarnya di laut. Warga bernama Badriyah itu awalnya hendak menjemput hasil tangkapan ikan dari nelayan yang baru datang melaut.

 

Badriyah bergegas memanggil Rosul, adik iparnya yang tidak jauh dari lokasi untuk melihat kondisi bayi dan segera mengevakuasinya. Mereka kemudian melaporkan penemuan mayat bayi kepada kepala desa yang kemudian dilanjutkan ke petugas kepolisian.

 

“Saya ke laut tiap pagi dan tiba-tiba menemukan bayi ini tertelungkup mengapung. Karena kaget, saya panggil ipar lalu menyuruh mengevakuasi bayi itu,” kata Badriyah di Sampang, Jumat (14/8/2020).

 

Setelah dievakuasi dan ditangani petugas, mayat bayi tersebut segera dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Sampang untuk diautopsi. Diduga mayat bayi perempuan ini dibuang karena hasil dari hubungan gelap.

 

Kasat Reskrim Polres Sampang AKP Riki Donaire Piliang mengatakan, hingga saat ini Satreskrim Polres Sampang masih menyelidiki penemuan mayat bayi tersebut. Polisi juga masih meminta keterangan dari warga yang diduga mengetahui orang tua bayi malang tersebut.

 

“Posisi bayi mengapung tengkurap. Saat dibawa ke rumah sakit, dipastikan bayi sudah meninggal dunia. Kami masih mendalami dan memastikan bayi ini meninggalnya bagaimana,” kata AKP Riki Donaire Piliang.

 

Pelaku pembuangan bayi bisa diancam pasal pembunuhan jika benar terbukti melakukan aborsi. Apalagi jika bayi itu dengan sengaja dibuang ke laut.