Kenali Manfaat Jamu Godokan Sirih untuk Atasi Masalah Radang Tenggorokan

LIGA99 –   Pada masa pandemi COVID-19 seperti saat ini, kondisi badan yang tidak seperti semestinya bisa mengakibatkan ketakutan tersendiri. Salah satu ketakutan ini bisa muncul ketika terjadi rasa gatal atau nyeri di tenggorokan.

Berbagai cara bisa membantu untuk mengatasi masalah radang tenggorokan ini. Salah satunya adalah dengan menggunakan ramuan jamu godokan sirih.

Menurut dr. Ratna Asih, M.Si dari Perkumpulan Dokter Pengembangan Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) jamu godokan sirih bagus dikonsumsi untuk mengatasi radang atau sakit pada tenggorokan.

Selain itu, ramuan jamu ini juga berfungsi untuk mengurangi gejala batuk agar tidak menjadi lebih parah. Hal ini disebabkan kandungan daun sirih yang mengandung anti radang.

“Kalau dulu daun sirih digunakan untuk sariawan, ternyata sekarang sudah diproduksi pabrikan sebagai obat kumur dan bagus juga untuk mengurangi sakit gigi,” ujar Ratna dalam webinar Geriatri TV beberapa waktu lalu.

Cara Membuat

Ratna juga menyampaikan cara membuat jamu godokan sirih yang praktis dan dapat dilakukan di rumah. Hal pertama yang perlu disiapkan adalah bahan-bahan yang segar. Bahan-bahan tersebut yakni:

-5 lembar daun sirih.

-3 ruas jahe emprit.

-10 gram asam jawa.

-1000 cc air.

-75 gram gula aren.

Setelah semua bahan terkumpul maka bahan harus dicuci hingga bersih dengan air mengalir. Sirih kemudian dirajang halus diikuti dengan memarut jahe.

Rebus semua bahan kecuali rajangan daun sirih dengan api sedang. Setelah ramuan tersebut mendidih, baru masukkan rajangan daun sirih dan masak selama 10 hingga 15 menit.

Setelah hangat, jamu godokan sirih pun dapat digunakan. Jamu ini juga berfungsi sebagai penghilang bau mulut, obat keputihan, memelihara kesehatan kulit, dan menghilangkan bau badan.