Liverpool Vs Leeds: Salah Hat-trick, The Reds Menang 4-3

Liverpool Vs Leeds: Salah Hat-trick, The Reds Menang 4-3

Drama tujuh gol terjadi di laga perdana juara Liga Inggris Liverpool. Menghadapi Leeds United, The Reds susah payah menang 4-3 berkat trigol Mohamed Salah.
Laga Liverpool vs Leeds digelar di Anfield, Sabtu (12/9/2020) malam WIB. Kedua tim sudah bertukar gol sedari babak pertama. Mohamed Salah membuat gol lewat penalti di menit ketiga yang dibalas Leeds lewat Jack Harrison di menit ke-12.

Virgil van Dijk membawa Liverpool unggul lagi di menit ke-20, sebelum Patrick Bamford menyamakan skor lagi di menit ke-30. Dua menit kemudian Salah mencetak gol keduanya untuk membuat Liverpool memimpin 3-2.

Pada babak kedua, Leeds untuk ketiga kalinya menyamakan skor lewat Mateusz Klich, sebelum penalti kedua Salah di pengujung waktu normal memberikan tiga poin untuk Liverpool. Pasukan Juergen Klopp sementara ada di posisi kedua klasemen Liga Inggris.

Jalannya pertandingan

Liverpool langsung menekan sejak menit awal dan sudah mendapat penalti di menit keempat saat tembakan Mohamed Salah mengenai lengan Robin Koch.

Salah maju sebagai eksekutor dan sukses menaklukkan Illian Meslier di bawah mistar. Gol itu membuat Liverpool makin bernafsu menyerang pertahanan Leeds.

Hal itu dimaksimalkan Leeds yang banyak melancarkan serangan balik untuk menembus pertahanan Liverpool. Salah satunya berhasil jadi gol penyama kedudukan di menit ke-12.

Diawali umpan panjang Kalvin Phillips ke sisi kanan pertahanan Liverpool, Jack Harrison mampu menerimanya dan melewati adangan Trent Alexander-Arnold serta Joe Gomez hingga memasuki kotak penalti. Tembakan keras dilepaskan untuk menjebol jala Alisson Becker.

Setelah gol itu, pertandingan makin memanas dan kedua tim saling bertukar serangan. Liverpool sempat bikin gol lewat Sadio Mane di menit ke-16 tapi dianulir wasit karena offside.

Di menit ke-20, Liverpool mendapatkan lagi keunggulannya ketika korner Andy Robertson disundul Virgil van Dijk tepat di depan gawang dan bola tak kuasa dihalau Meslier.

Dua menit kemudian Alisson berhasil menggagalkan peluang Patrick Bamford yang coba meraih bola di kotak penalti. Tapi, Alisson tak bisa menghindari gawangnya dari kebobolan di menit ke-30.

Adalah Bamford yang mencetak gol memaksimalkan kesalahan Van Dijk dalam membuang bola umpan silang Leeds. Bola sapuan Van Dijk malah jatuh ke Bamford yang mudah saja menggulirkannya ke gawang Alisson.

Tapi, skor 2-2 tak bertahan lama. Kurang dari tiga menit kemudian, Liverpool kembali unggul 3-2 saat Salah mendapat bola muntah dari free kick Robertson yang dihalau bek Leeds. Bola dari kaki kiri Salah menghujam pojok atas gawang Leeds.

Tak ada gol lagi tercipta hingga turun minum dan Liverpool tetap memimpin.

Masuk di babak kedua, Liverpool mendapat peluang di menit ke-48 saat Gini Wijnaldum mendapat bola umpan tarik dari sisi kanan. Sepakan dari jarak dekat bisa dibendung Meslier.

Liverpool kesulitan membongkar pertahanan Leeds di babak kedua ini dan tim tamu malah kerap merepotkan lewat umpan-umpan panjang serta pressing.

Gawang Liverpool bobol lagi di menit ke-58 ketika Trent mencetak gol bunuh diri, tapi dianulir wasit karena Harison lebih dulu terjebak offside.

Alisson tak bisa menghindarkan gawangnya dari kebobolan di menit ke-66. Lagi-lagi Leeds mampu merebut bola dari pemain Liverpool dan kemudian berakhir di Helder Costa.

Costa mengirimkan bola ke kotak penalti dan diterima Mateusz Klich, sebelum disepak ke gawang tuan rumah.

Liverpool lantas coba mencari gol kemenangan, sementara Leeds lebih banyak bertahan. Leeds sempat mendapat free kick di depan kotak penalti menyusul blunder Firmino, tapi bola sepakan Phillips masih menyamping.

Van Dijk sempat membobol jala Leeds di menit ke-79 tapi dianulir wasir karena sempat terjadi pelanggaran yang dilakukan Curtis Jones kepada Koch.

Penalti lagi untuk Liverpool di menit ke-88! Ini setelah Fabinho dilanggar Rodrigo Moreno di kotak terlarang. Salah dengan tenang mengecoh penjaga gawang sekaligus membuat Liverpool memimpin 4-3 dan mencetak hat-trick.

Gol Salah itu adalah yang terakhir di pertandingan Liverpool vs Leeds United.

Susunan pemain

Liverpool: Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Georginio Wijnaldum, Jordan Henderson (Curtis Jones 66′), Naby Keita (Fabinho 58′); Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane.

Leeds United: Illlan Meslier; Luke Ayling, Robin Koch, Pascal Struijk, Stuart Dallas; Kalvin Phillips; Helder Costa, Pablo Hernandez (T Roberts 62′), Mateusz Klich ( amie Shackleton 82′), Jack Harrison; Patrick Bamford (Rodrigo 62′).