Mantan Menteri India Ditangkap Polisi karena Kasus Pelecehan Seksual

Swami Chinmayanand (73), mantan menteri federal India ditangkap atas kasus pelecehan seksual terhadap seorang mahasiswi perguruan India.

Sabtu (21/9), mantan menteri dari Partai Bharatiya Janata (BJP) itu, telah didakwa akibat menyalahgunakan wewenang untuk seks, pelanggaran yang lebih rendah daripada pemerkosaan, juga menguntit, memenjarakan paksa, dan intimidasi kriminal.

Namun, mantan menteri tersebut menyangkal semua tuduhan yang diberikan kepadanya.

Korban adalah mahasiswi di salah satu perguruan tinggi India yang dikelola oleh Chinmayanand. Ia menuduh Chinmayanand melakukan pelecehan selama berbulan-bulan.

Jika dalam putusan pengadilan dinyatakan bersalah, maka Chinmayanand terancam penjara 10 tahun.

Korban menceritakan, ia pertama kali bertemu dengan Chinmayanand pada Juni tahun lalu, saat mendaftar di sebuah perguruan tinggi hukum. Dia mengaku ditunjukkan video yang memperlihatkan dirinya sedang mandi. Dia kemudian diperas dengan imbalan mau berhubungan intim.

Mahasiswi tersebut kemudian memposting video di Facebook pada 23 Agustus lalu yang merinci dugaan pelecehan yang melibatkan Chinmayanand.

Kabar tersebut membuat kehebohan dan menjadi berita utama nasional, ketika perempuan tersebut hilang selama enam hari. Ayah mahasiswi tersebut melontarkan tuduhan dan menyalahkan Chinmayanand.

Mahkamah Agung kemudian turun tangan dengan meminta polisi untuk mencari mahasiswi tersebut. Ia lalu memberikan pernyataan di pengadilan pada 2 September setelah unit investigasi khusus dibentuk.

Pekan lalu, gadis berusia 23 tahun dan sang ayah menuduh bahwa polisi enggan menangkap Chinmayanand. Wanita itu kemudian mengancam akan membakar diri jika tidak ada tindakan.

Kasus yang menimpa Chinmayanand ini menarik perhatian nasional, pasalnya ini merupakan tuduhan kedua terhadap politisi partai terkemuka BJP dari Uttar Paradesh dalam tahun ini.