Masyarakat Diminta Proteksi Diri dan Jaga Imunitas Tubuh di Tengah Pandemi Covid-19

masyarakat-diminta-proteksi-diri-dengan-jaga-imunitas-tubuh-di-tengah-pandemi-covid-1 (1)

Serbaberita – Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Nasional, Wiku Adisasmito, mengatakan setiap orang harus memproteksi diri di tengah pandemi Covid-19. Salah satu caranya, menjaga imunitas tubuh dan jangan panik. Tujuannya, agar tidak terpapar wabah asal Wuhan, China itu.

Jadi kalau kita tahu caranya virus ini bekerja, selama kita sudah bekerja, dia akan bingung sendiri virusnya. Jadi kalau kita sudah begitu, nggak panik, imunitas kita naik dan bisa saja kita akhirnya mampu,” kata Wiku dalam dialog di Media Center Gugus Tugas, Graha BNPB, Jakarta, pada Selasa (2/6).

Wiku mengatakan, ada dua langkah preventif untuk menghadapi pandemi Covid-19. Pertama, disiplin terhadap perilaku. Kedua, menggunakan vaksin.

Namun, saat ini vaksin belum ditemukan sehingga membutuhkan waktu lama untuk dapat digunakan.

“Preventif yang sebenarnya ada di diri kita masing-masing. Mencegah saja kita untuk dapat berinteraksi dengan virus itu secara langsung,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Pratiwi Sudarmono. Dia mengatakan langkah preventif perlu dimulai dari diri sendiri.

“Kita mulai memikirkan bagaimana kita bekerja, belajar, beribadah, bersosialisasi, bersilaturahmi dalam kondisi ada virus Korona,” ujarnya