Menerka Strategi Harga Wuling Motors di Tahun Ketiga Pasar Otomotif Indonesia

Wuling Motors, pabrikan otomotif asal China, genap berusia dua tahun di Indonesia pada hari ini (11/7).

Untuk itu, Wuling Motors merayakannya dengan memperkenalkan varian baru mobil SUV Almaz berkapasitas 7 penumpang dan fitur voice command berbahasa Indonesia yang disebut WIND.

Cindy Cai, Vice President Wuling Motors, menjelaskan hingga saat ini masyarakat Indonesia sudah mulai percaya terhadap produk Wuling.

Saat ini produk Wuling mendapat respons positif dari konsumen otomotif Indnoensia dengan populasi lebih dari 29.000 konsumen.

Hasil tersebut menempatkan Wuling pada kelompok 10 besar merek otomotif di Indonesia.

“Kami berterima kasih dan mengapresiasi setiap pelanggan setia serta mitra Wuling Motors yang telah berjalan bersama selama dua tahun ini.

Momentum tahun kedua juga menandakan tahapan baru dalam perjalanan Wuling untuk semakin tumbuh dan berinovasi di Indoensia,”ujar Cai saat perkenalan Wuling Almaz 7-seaters di kawasan Ancol,¬†Jakarta¬†Utara, Kamis (11/7).

Perjalanan Wuling di industri otomotif Indonesia dimulai paada 11 Juli 2017 dengan meresmikan pabrik seluas 60 hektare du Cikarang, Jawa Barat.

Hingga kini pabrikan China ini sudah memasarkan empat seri di Indonesia, yakni Confero (segmen MPV), Cortez (MPV), Formo (niaga ringan), dan Almaz (SUV).

Dalam tempo dua tahun pula, Wuling berhasil membangun jaringan diler dan bengkel sebanyak 100 outlet di seluruh Indonesia.

Selama dua tahun di Indonesia, Wuling juga dikenal sebagai pabrikan otomotif yang menawarkan mobil dengan spesifikasi tinggi tapi harga jualnya lebih murah dibandingkan pabrikan Jepang.

Ini ditandai dengan peluncuran model pertama, Confero, sebagai mobil keluarga 1.5L tujuh penumpang dengan harga di bawah Rp 150 juta.

Disusul Cortez yang dibanderol Rp 200 jutaan dan Almaz, SUV kaya fitur hanya dibanderol Rp 318 jutaan.

Terus-terang strategi harga jual Wuling yang lebih murah dibandingkan pabrikan Jepang ini mengubah peta persaingan, sekaligus menggunvcng pasar mobil nasional.

2019

Apakah Wuling akan melanjutkan strategi harga model begini di tahun ketiga dan seterusnya di Indonesia?

Manajemen Wuling menjawabnya secara diplomatis.

Cai mengatakan, pihaknya komitmen jangka panjang di Indonesia dan mendukung lokalisasi komponen dengan tujuan menawarkan banyak produk ke pasar.

“Harapan kami di Indonesia, Wuling selalu menawarkan produk terdepan, value for money, bahkan paling terdepan.

Mobil Wuling beda dari mobil merek lain di mana pun, termasuk mobil murah di Indonesia.”

Dian Asmahani, Senior Brand Manager Wuling Motors, menambahkan kami baru dua tahun di Indonesia. Masih baru memang, tapi kami cepat berkembang di Indonesia.

“Komitmen kami selalu memenuhi pasar dengan menawarkan produk terbaik. Itu landasan kami berusaha di Indonesia.

Jadi, Wuling ingin memberikan value terbaik bagi konsumen Indonesia dengan produk bagus dan teknologi terbaru,” pungkas Dian.