Mengenal Jenis-jenis Mobil, dari Sedan hingga SUV

Ada begitu banyak jenis mobil. Ada sedan, pikap, hingga wagon. Masing-masing punya fungsi dan karakteristiknya sendiri. Nah, berikut tujuh jenis mobil yang umum beredar di tanah air, lengkap dengan keunggulan dan kekurangannya.

1. Sport Utility Vehicle (SUV)

Mengenal Jenis-jenis Mobil, dari Sedan hingga SUVthemotorreport.com

Sport pada mobil ini bukan berarti mobil dengan kemampuan balap, lho, melainkan sebagai penanda bahwa jenis mobil ini merupakan kendaraan yang memiliki ketangguhan lebih dibandingkan jenis lainnya.

Mobil yang mengusung jenis SUV biasanya memiliki ketangguhan daya jelajah dari pengaplikasian teknologi ground clearance, mesin bertenaga besar, ataupun dari tipe penggerak roda 4×4.

Seiring berkembangnya teknologi, saat ini mobil SUV tak hanya yang berbadan besar saja atau Big SUV, namun ada pengelompokannya tersendiri, seperti Medium SUV, Mini SUV, Compact SUV, dan Crossover.

2. Multi Purpose Vehicle (MPV)

Mengenal Jenis-jenis Mobil, dari Sedan hingga SUVIDN Times/Dwi Agustiar

Jenis mobil ini memiliki keunggulan di bagian interiornya, seperti keluasan atau dimensi ruangan yang cukup besar dan mudah mengalihfungsikan kabin. Dari kebanyakan mobil jenis MPV, daya angkut berkisar 6 sampai 7 penumpang bahkan untuk beberapa mobil keluaran terbaru sekarang bisa lebih.

Sama kasusnya dengan SUV, mobil berjenis MPV ini juga sudah memiliki pengelompokan tersendiri, mulai dari Big MPV, Medium MPV, Compact MPV, dan High Roof MPV.

3. Sedan

Mengenal Jenis-jenis Mobil, dari Sedan hingga SUVIDN Times/Yohanes Nugroho

Sedan memiliki ciri tersendiri, yaitu ruang mesin, kabin yang muat lima penumpang, dan bagasi yang seluruhnya terpisah. Tak seperti SUV dan MVP yang tergabung antara kabin dan bagasinya.

Jenis mobil ini sangat cocok untuk orang-orang yang yang ingin bepergian dengan mobilitas tinggi tanpa ribet dan harus memperhatikan daya angkut banyak. Meski terbilang cukup laku, namun pada kenyataannya mobil sedan masih kalah dibandingkan dengan MPV karena harga dan pajak yang lebih tinggi karena dianggap cukup mewah oleh pemerintah, juga tidak berfungsi banyak.

4. Wagon

Mengenal Jenis-jenis Mobil, dari Sedan hingga SUVInstagram/jsonbw

Mobil bertipe wagon atau estate, merupakan mobil yang dari segi ukuran tinggi dan panjang persis dengan sedan yang memiliki empat pintu.

Bedanya dengan sedan adalah bagian bagasi dijadikan kabin penumpang layaknya MPV atau SUV sehingga harus ditambah satu pintu lagi di bagian belakang. Di Indonesia, sepertinya populasi mobil jenis ini terbilang cukup sedikit.

5. Hatchback

Mengenal Jenis-jenis Mobil, dari Sedan hingga SUVDatsun.co.id

Masih dalam jenis mobil yang mirip dengan segmentasi sedan, namun mobil bertipe hatchback tidak punya buntut atau bagasi, sehingga hanya tersisa kabin penumpang digabung ruang bagasi berukuran lebih kecil. Orang Indonesia biasanya menyebut hatchback dengan ‘mobil sedan tanpa bokong’.

6. Coupe

Mengenal Jenis-jenis Mobil, dari Sedan hingga SUVbangkokpost.com

Dibilang sedan, tidak salah sih. Yap, mobil berjenis coupe adalah sedan yang ‘dipotong’ sehingga kebanyakan hanya memiliki dua pintu dan hanya mampu mengangkut dua penumpang.

Oh ya, jangan salah, banyak juga mobil coupe empat pintu dan bisa mengangkut empat penumpang, namun ruang bagasinya harus dikorbankan dan dipersempit.

Meski begitu, mobil ini sangat cocok untuk kamu yang mau tampil bergaya dengan teman nongkrong, atau kalau ingin merasakan deru mesin garang sebab rata-rata mobil coupe memiliki mesin dengan akselerasi lumayan kencang.

7. Pikup

Mengenal Jenis-jenis Mobil, dari Sedan hingga SUVInstagram.com/suzuki_id

Kalau dari tadi hanya membahas mobil yang memiliki kenyamanan dan tampilan kendaraan, sekarang mari membahas mobil pengangkut barang atau pickup.

Mobil jenis ini cocok banget untuk digunakan oleh para pebisnis, terutama yang mengutamakan pengiriman barang sebab mobil ini hanya memiliki kabin di depan yang mampu mengangkut beberapa orang tergantung modelnya, dan sisanya hanyalah bak kosong yang luas untuk mengangkut barang.

Saat ini, mobil pickup terdiri dari beberapa tipe diantaranya : Single Cabin (dua penumpang), Double Cabin (empat penumpang) ataupun Extra Cabin (empat penumpang ditabah ruang kecil sebagai bagasi).

Sebenarnya masih banyak segmentasi mobil lainnya yang sangat sulit dijumpai, dan populasinya sangat sedikit sebab harga yang terlalu mahal karena tergolong mewah, seperti sport atau supercar, sedan cabrio atau convertible (atap terbuka), dan shooting brake (mobil dua pintu berbentuk wagon).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *