Mobil Balap VW Golf Mk1 Pertama di Dunia Dilelang

VW Golf merupakan salah satu model terlaris di dunia. Eksis selama lima dekade dengan penjualan mencapai lebih dari 35 juta unit pada 2019 di seluruh dunia. Nah, kabar gembira untuk penggemar VW Golf di seluruh dunia. Sebuah mobil balap VW Golf pertama di dunia bakal dilelang RM Sotheby.

Sejarah balap VW Golf dimulai pada 1974 ketika mobil hatchback ini diluncurkan. Rolf Nothelle kemudian memperkenalkan Golf Mk1 berwarna merah pada tahun 1975 Belgia.

Debut mobil ini langsung menorehkan prestasi, Golf Mk1 tampil sebagai pemenang pertama ajang balap Hockenheimring Grand Prix dengan Bernd Lilier sebagai pembalapnya.

Nah, mobil juara itulah yang kini dilelang RM Sotheby. Mobil balap VW Golf Mk1 asli memiliki mesin 1.6 liter empat silinder segaris yang menghasilkan 162 tenaga kuda.

Mesin itu diganti dengan kapasitas lebih besar yakni, 1.8L 175-hp dengan karburator Weber 45 DCOE dan pengapian tanpa kontak. Hal lain yang ditambahkan adalah velg roda BBS, suspensi Uniball, dan sistem rem balap dengan kaliper empat piston (depan) dan dua piston (belakang).

Bagi penggemar sejati, VW Golf Mk1 penuh sejarah itu layak dipertimbangkan untuk dimiliki.