Pejabat Malaysia Sebut Rumah Sakit Melaka Tidak Berhantu

Pemerintah Negara Bagian Melaka, Malaysia, saat ini berencana memasukkan Rumah Sakit Melaka sebagai rangkaian dari lokasi wisata hantu untuk menggenjot wisatawan.

Namun rencana itu dihambat oleh Ketua Komite Kesehatan dan Anti-narkoba Low Chee Leong.

Low mengatakan Rumah Sakit Melaka tidak berhantu setelah dia mengunjungi rumah sakit itu malam-malam.

Laman The Star melaporkan, Senin (10/6), menurut Low, di rumah sakit yang berdiri sejak zaman sebelum perang tidak ada arwah gentayangan dan bahkan petugas keamanan tidak menemukan kejadian yang berkaitan dengan dunia gaib.

“Tidak ada yang berhantu di sana, tidak seperti di rumah sakit tua Changi di Singapura,” kata dia.

Low menuturkan tidak ada satu pun laporan penampakan makhluk halus dan itu berarti rumah sakit itu tidak bisa dimasukkan ke daftar lokasi wisata hantu.

Selain rumah sakit itu, Wakil Presiden Klub Bisnis Wisata Melaka Dennis Samford mengatakan wisata hantu juga termasuk perjalanan ke Bukit China, kuburan tertua di Malaysia.

Samford menuturkan rumah sakit Melaka yang berlantai sembilan terletak di Jalan Bendahara itu bisa menjadi daya tarik wisatawan setelah ada laporan mengatakan ada penampakan ‘perempuan bergaun merah’ di gedung tua itu. Kabar itu meluas di Singapura setelah sebuah portal berita daring memberitakan kejadian itu.

Selain itu, kata Samford, Gedung Amal Meng Seng juga bisa masuk dalam daftar lokasi wisata hantu. Gedung yang menjadi tempat penyiksaan di zaman Jepang itu menjadi lokasi ratusan warga lokal yang dipenggal.

Pada April 2016, sejumlah penduduk desa mengaku melihat penampakan hantu di Kampung Lapan.