Punya Peliharaan Anjing di Rumah Bisa Buat Anak Lebih Berkembang Secara Sosial

Memiliki peliharaan terutama anjing diketahui bisa berdampak baik bagi pertumbuhan anak. Sebuah penelitian terbaru mengungkap manfaat dari hal ini.

Dilansir dari NY Post, anak-anak yang tumbuh di rumah dengan peliharaan anjing cenderung memiliki kemampuan sosial serta kesehatan emosional lebih baik.

Hal ini diketahui ketika mereka dibandingkan dengan rekan-rekan seusia mereka.

Penelitian terbaru dari University of Western Australia dan Telethon Kids Institute melakukan polling terhadap 1.646 orangtua dari anak-anak usia dua dan lima tahun.

Hasil temuan ini mengungkap manfaat dari memiliki anjing ini.

Hasil temuan ini dipublikasikan pada jurnal Pediatric Research on Tuesday. Diketahui bahwa 42 persen atau 686 dari rumah memiliki peliharaan anjing.

Berdasar temuan tersebut, anak-anak yang tumbuh di sekitar anjing peliharaan dan bermain dengan dengan mereka secara aktif, tidak hanya cenderung lebih jarang mengalami masalah personal. Diketahui bahwa mereka juga cenderung lebih mau untuk berbagi dan bekerjasama.

Secara khusus, anak dari rumah yang memiliki peliharaan anjing diketahui cenderung tidak mengalami masalah dengan rekan sebaya mereka.

Anak-anak ini juga cenderung tidak mengalami masalah dan lebih mudah terlibat dalam hubungan sosial dibanding anak yang tidak memelihara anjing.

Lebih lanut, anak-anak yang biasa berjalan bersama anjing setidaknya seminggu sekali dan bermain tiga kali seminggu memiliki perilaku yang lebih diterima di kehidupan sosial.

“Walau kami telah menduga bahwa memiliki anjing bisa menimbulkan manfaat bagi perilaku anak-anak, namun kami terkejut bahwa keberadaan anjing pada keluarga berhubungan dengan perilaku dan emosi positif,” terang Professor Hayley Christian, penelitidari temuan ini.

“Mengingat pentingnya aktivitas fisik pada kesehatan anak-anak dan perkembangan sosial serta emosional, kami perlu untuk memastikan agar anak tetap terus bergerak.

Hasil temuan kamu menyarankan kepemilikan anjing di keluarga bisa jadi strategi berhagra dalam memperolehnya,” sambungnya.