Resmi, Arthur Dijual Barcelona ke Juventus

Barcelona secara resmi mengumumkan transfer gelandang Arthur Melo ke Juventus. Barca menjual Arthur ke Juve dengan harga 72 juta euro atau Rp 1,1 triliun dengan bonus yang bisa mencapai 10 juta euro atau Rp 160 miliar. Barca juga membeli gelandang Juventus Miralem Pjanic.

Arthur menandatangani kontrak dengan Juve setelah menyelesaikan tes medis di Turin. Setelah resmi bergabung, Barca mengumumkan pihaknya telah mencapai kesepakatan dengan I Bianconeri.

“FC Barcelona dan Juventus FC telah mencapai kesepakatan transfer Arthur Melo. Klub Italia itu membayar 72 juta euro ditambah 10 juta euro dengan variabelnya,” demikian pernyataan resmi Barca. 

Pemain tetap berada di FC Barcelona sampai berakhinya kompetisi musim 2019/20

Arthur sendiri kembali ke Camp Nou setelah menandatangani kontrak dengan Juve. Pasalnya, dia dan Pjanic tetap memperkuat klub masing-masing sampai selesainya liga yang sempat dihentikan karena Covid-19.

Arthur Sudah Pamit ke Pemain Barca

Menurut Tuttosport, Arthur tampak menyampaikan salam perpisahan dengan rekan tim saat Barca menjalani latihan pagi. Dia menyatakan pamit karena akan meninggalkan Barca.

 

“Pemain tetap berada di FC Barcelona sampai berakhinya kompetisi musim 2019/20,” kata klub dalam statemen resmi.

 

Arthur yang akan berusia 24 pada 12 Agustus dibeli Barca dari klub Brasil Gremio dengan harga 31 juta euro atau Rp 497 miliar pada 2018. Dirinya bermain 72 kali untuk Blaugrana dengan mencetak 4 gol dan 6 assists.

 

Harga Arthur memang naik lebih dari 2 kali lipat saat dibeli Juve. Hanya, Barca juga harus membayar 60 juta euro untuk paket pembelian Arthur. Dengan demikian, raksasa La Liga Spanyol ini untung 10 juta euro dari penjualan pemainnya.

 

Sementara, Pjanic dibeli Juve dari Roma pada 2016. Pemain asal Bosnia ini bergabung dengan Roma pada 2011. Sebelumnya dia bermain di klub Ligue 1 Prancis, Lyon dan Metz.

 

Pjanic meninggalkan Bianconeri setelah 171 kaki bermain dengan mencetak 22 gol dan membuat assists 36. Dia sesungguhnya merupakan salah satu pilar Juve.