Resmi! Ranking Dunia BWF Bulu Tangkis Dibekukan!

Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) resmi mengumumkan untuk membekukan sementara ranking dunia pemain pada Selasa (31/3) malam WIB sampai waktu yang belum ditentukan.

Hal tersebut terpaksa dilakukan lantaran turnamen yang sudah masuk dalam kalender BWF World Tour pada Maret-April 2020 harus ditangguhkan akibat dari meluasnya virus corona atau dikenal dengan COVID-19 ke penjuru dunia.

“Saat ini, sulit untuk memprediksi kapan turnamen internasional berikutnya bakal berlangsung. Hal begitu pun bakal terjadi pada turnamen yang rencananya digelar Mei-Juni 2020 yang diperkirakan bakal ditangguhkan juga,” tulis pernyataan resmi BWF.

Pembekuan peringkat dunia pemain ini mulai berlaku pada pekan ke-12, tepatnya usai turnamen tertua All England selesai digelar. Walhasil, ranking pemain yang terakhir dikeluarkan pada pertengahan Maret lalu bakal jadi dasar penentu unggulan dan undian ajang selanjutnya.

Namun demikian, pihak BWF belum bisa menjamin kapan bisa kembali menjalankan program dalam kalendernya. Sebab, sampai sejauh ini pandemik tersebut masih belum menunjukkan tanda-tanda bakal berakhir. Sebaliknya, Eropa masih jadi episentrum virus corona, terutama di Italia dan Spanyol.

BWF memastikan bakal memberikan informasi lebih lanjut terkait proses pengaktifan kembali peringkat dunia pemain bulu tangkis seiring bisa digelarnya lagi turnamen BWF World Tour. Tapi, masih sulit menguraikan bagaimana sistem turnamen-turnamen lain dan yang tertunda bisa dihelat lagi nantinya.

Di sisi lain, Komisi Atlet BWF sepenuhnya mendukung pembekuan daftar ranking dunia versi BWF sejak pekan ke-12. Tapi, mereka meminta prosedur yang tepat untuk mengaktifkan peringkat ditentukan berdasarkan informasi kalender turnamen yang lebih tepat yang saat ini sedang ditinjau.

“Kami berharap, dalam beberapa minggu ke depan bisa lebih banyak memberikan informasi tentang turnamen yang dijadwal ulang nantinya. Itu juga akan memberikan kejelasan lebih lanjut tentang penetapan peringkat setelah kondisi dianggap aman untuk melanjutkan turnamen,” lanjut pernyataan mereka.

Terkait Olimpiade Tokyo 2020 yang sudah rilis jadwal baru untuk digelar pada 24 Juli-8 Agustus 2021, BWF kini tengah memulai proses peninjauan untuk mengonfirmasi dampak pada sistem kualifikasi.

Proses peninjauan tersebut diperkirakan akan memakan waktu beberapa minggu ke depan. Dan setelah waktunya nanti, BWF akan membuat pengumuman lebih lanjut setelah semua keadaan dipertimbangkan dengan cermat.