Satgas Yonif 642/Kapuas Terima Senjata Rakitan dari Warga Perbatasan

Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 642/Kapuas menerima satu pucuk senjata rakitan jenis Boumen.

Senjata itu diberikan oleh Ramses (37) yang merupakan warga Dusun Pareh, Desa Semunying Jaya, Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang.

Dansatgas Pamtas Yonif 642/Kapuas Letkol Inf Alim Mustofa mengatakan, penyerahan senjata itu sebagai bukti kedekatan anggota Satgas Yonif 642/Kapuas dengan warga perbatasan yang merupakan hasil dari kegiatan teritorial, yang setiap hari gencar dilakukan.

“Kami akan terus berusaha memelihara kepercayaan yang telah diberikan masyarakat, kami akan berbuat yang terbaik untuk Negara serta membantu kesulitan masyarakat di perbatasan,” kata Alim dalam keterangannya, Rabu (28/10).

Ia menjelaskan, penyerahan senjata rakitan oleh Ramses yang ditemani saudaranya tersebut terjadi di Pos Kumba Semunying.

Sementara itu, Ramses mengaku penyerahan senjata rakitan itu karena mereka menilai ketulusan TNI dalam membantu masyarakat setempat.

“Senjata ini saya serahkan kepada Pos TNI yang telah tulus menjaga serta membantu kesulitan masyarakat di sini,” kata Ramses kepada Letda Inf Rosi selaku Danpos Kumba Semunying.

Ramses mengungkapkan, senjata rakitan yang ia serahkan itu biasanya digunakan untuk berburu serta sebagai alat pelindung dirinya.

“Saya sudah meninggalkan kebiasaan berburu dan saya percaya bahwa kondisi perbatasan sekarang sudah aman dengan adanya TNI, sehingga saya rasa tidak perlu lagi menyimpan senjata ini,” ungkapnya.

Selain itu, Danpos Kumba Semunying Letda Inf Rosi menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan yang diberikan warga masyarakat khususnya Ramses kepada anggota Satgas Yonif 642/Kapuas.

“Kami (Satgas) merasa terhormat atas kepercayaan masyarakat kepada kami, semoga hubungan baik antara Satgas dapat terjaga dan semakin kuat,” tutup Rosi.