Saudi Tembak Jatuh Rudal Balistik Dekat Makkah Saat Waktu Sahur

Pertahanan Udara Arab Saudi menembak jatuh sebuah rudal balistik di atas langit Kota Taif, 65 kilometer sebelah timur dari Makkah hari ini pagi tadi. Sebuah rudal lain juga diluncurkan ke arah Jeddah.

Kabar itu dilaporkan media pemerintah Saudi, Alarabiya.

Seperti dikutip lamam Alaraby, Senin (20/5), sumber Alarabiya mengatakan rudal-rudal itu ditembakkan oleh pemberontak Huthi di Yaman yang saat ini masih menguasai Ibu Kota Sanaa. Namun Huthi membantah telah menembakkan rudal ke Makkah, Jeddah, atau Taif.

“Ini bukan kali pertama rezim Saudi menuding kami menyasar Makkah. Tujuan dari tuduhan ini adalah untuk meraih dukungan dan persetujuan untuk melancarkan agresi terhadap Yaman,” kata juru bicara militer Huthi, Brigadir Yahsa Sari kepada stasiun televisi pro-Huthi, Al Masirah.

Koran Saudi, Okaz, menyebut pertahanan udara Saudi menembak jatuh rudal di atas Kota Taif dengan akurasi tinggi ketika warga tengah santap sahur di bulan suci Ramadan ini. Koran itu juga mengatakan serangan itu sebagai bukti Iran berencana mengancam keselamatan dan keamanan jemaah umrah di Makkah saat Ramadan.

Selasa pekan lalu pemberontak Huthi melancarkan serangan dengan pesawat nirawak (drone) ke jalur pipa minyak Saudi. Serangan itu dikatakan sebagai balasan atas serangan udara Saudi yang menewaskan warga sipil di Yaman.

Saudi menuding Iran memerintahkan Huthi melancarkan serangan drone itu. Sebagai balasan, Saudi membombardir Sanaa dan menewaskan enam warga sipil..