Sebuah Lukisan Dari Claude Monet Terjual 110,7 Juta Dolar AS

Sebuah karya lukisan dari pelukis ternama di zamannya, Claude Monet, berhasil terjual dengan angka yang sangat fantastis, yakni sebesar 110,7 juta dolar Amerika Serikat atau setara dengan Rp1,59 triliun. Dengan demikian, lukisan ini berhasil memecahkan rekor penjualan tertinggi di dunia. Bagaimana awal ceritanya?

1. Lukisan ini merupakan sebuah lukisan yang paling dihormati

Sebuah Lukisan Dari Claude Monet Terjual 110,7 Juta Dolar AStwitter.com/KellyCrowWSJ

Dilansir dari Telegraph, salah satu lukisan karya pelukis ternama Claude Monet terjual lebih dari 110,7 juta dolar Amerika Serikat atau setara dengan Rp1,59 triliun pada lelang Selasa, 14 Mei 2019, malam waktu setempat.  Karya besar Monet yang dirilis tahun1890 di atas kanvas dengan judul “Meules” mungkin lukisan yang paling dihormati dari seri “Haystacks” memimpin koleksi pribadi lukisan impresionis.

Seniman lain dalam koleksi yang dijual termasuk karya dari Pierre Bonnard, Edouard Manet, Camille Pisarro, Pierre-August Renoir, Paul Signac, Alfred Sisley dan Edouard Vuillard. Lukisan itu dijual seharga 110,7 juta dolar Amerika Serikat atau setara dengan Rp1,59 triliun. Hal ini diungkapkan oleh rumah lelang yang menjual lukisan ini, York Avenue Sotheby.

Dalam lukisan “Meules” menggambarkan struktur kerucut raksasa yang terdiri dari gandum atau biji-bijian yang ditumpuk sedemikian rupa untuk memungkinkan batang mengering dan mencegah jamur. Tumpukan yang digambarkan di toko lukisan menunjukkan gandum dan biji-bijian, meskipun kesalahpahaman populer bahwa itu untuk jerami.

Lukisan ini juga adalah salah satu dari 4 kanvas dalam seri yang akan dilelang abad ini dan 1 dari 8 sisanya dalam koleksi pribadi. Sekitar 6 dari 17 karya yang tersisa berada di Institut Seni di Chicago, sedangkan Museum Seni Metropolitan di New York dan Musee d’Orsay di Paris berisi seri lain.

2. Sebelumnya, lukisan “Meules” pertama kali ditampilkan kepada publik pada tanggal 3 Mei 2019 lalu

Sebuah Lukisan Dari Claude Monet Terjual 110,7 Juta Dolar AStwitter.com/EpicsFinance

Sebelumnya, pada tanggal 3 Mei 2019 lalu lukisan ini pertama kali diperkenalkan di depan publik dalam lebih dari 30 tahun di sebuah galeri York Avenue Sotheby. Kepala impresionis dan Departemen Seni Modern Sotheby di New York, August Uribe, menggambarkan lukisan “Meules” sebagai salah satu lukisan impresionis terdefinisi Claude Monet serta salah satu gambar paling dikenal dalam sejarah seni.

“Serial Monst’s Haystacks telah lama menjadi inspirasi bagi banyak seniman sejak diciptakan pada awal tahun 1890an, dan terus menginspirasi siapa pun yang telah melihat salah satu kanvas ini secara langsung,” ungkap pernyataan dari August Uribe seperti yang dikutip dari Abcnews.go.com.

Sosialita asal Chicago yang awalnya memperoleh lukisan ini, Potter Palmer dan Bertha Palmer, memperoleh karya langsung dari dealer Monet pada tahun 1980an. Lukisan itu tetap dalam koleksi pribadi yang sama sampai dijual di lelang pada tahun 1986 kepada pemiliknya saat ini. Bertha Palmer memiliki hampir 90 karya Monet selama hidupnya, termasuk enam kanvas butiran sang seniman.

3. Profil dari pelukis Claude Monet

Sebuah Lukisan Dari Claude Monet Terjual 110,7 Juta Dolar ASclaudemonetgallery.org

Berikut profil dari pelukis ternama, Claude Monet.

  • Lahir: Paris, 14 November 1840
  • Meninggal: Giverny, 5 Desember 1926
  • Kebangsaan: Perancis
  • Karya-karya terbaik yang pernah dihasilkannya: “Haystacks”, “Impression Sunrise”, “Rouen Cathedral Series”, “London Parliament Series”, “Water Lilies”, “Poplars”
  • Jumlah karya yang sudah dihasilkan selama ini: Sekitar 2.500 lukisan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *