Sering Tak Disadari, Deretan Kebiasaan Ini Bisa Sebabkan Masalah pada Gigi

Gigi merupakan salah satu organ tubuh kita yang paling penting. Gigi membantu mencacah dan memotong makanan sehingga kita bisa mengonsumsinya dengan nyaman dan layak.

Sayangnya, peran vital gigi ini sering kali tak membuat kita awas untuk menjaganya dengan hati-hati. Banyak makanan dan minuman yang kita konsumsi bisa berdampak buruk pada gigi.

Belum lagi dengan kebiasaan yang tak membersihkan gigi secara benar.

Hal ini selanjutnya bisa menyebabkan masalah pada gigi yang selanjutnya juga berdampak pada kesehatan tubuh kita secara keseluruhan.

Sejumlah tindakan kita sehari-hari, sering tak disadari ternyata bisa berdampak buruk pada gigi.

Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut sejumlah kebiasaan buruk yang bisa berdampak negatif pada gigi.

Mengunyah Es Batu

Mengonsumsi minuman dingin saat cuaca sedang terik memang sangat menyegarkan terutama minuman dengan es batu. Bagi beberapa orang, es batu ini bahkan turut dikonsumsi dan dikunyah.

Walau dingin dan menyegarkan, namun kebiasaan mengunyah es batu ini bisa berdampak buruk bagi gigi. Benturan keras antara es batu dengan gigi akan membuat lapisan lunak gigi terkelupas.

Menggertakkan Gigi

Merapatkan gigi dan menggertakkan gigi merupakan kebiasaan yang dilakukan sejumlah orang. Pada sejumlah orang, hal ini sulit dikendalikan dan bisa disebabkan oleh stres dan kebiasaan tidur.

Kamu bisa menghindari hal ini dengan cara berhenti mengonsumsi makanan bertekstur keras di siang hari.

Selain itu, ketika tidur di malam hari, cobalah untuk mengganjal mulut dengan sesuatu yang lembut (kain misalnya) untuk mencegah gigi saling bergesekan saat kamu terlelap.

Konsumsi Permen Pelega Tenggorokan

Konsumsi permen pelega tenggorokan bisa menyebabkan masalah gigi karena kandungan gula yang tinggi. Pastikan selalu menyikat gigi seusai kamu mengonsumsi permen ini.

Gula yang yang berasal dari permen tersebut akan bereaksi dengan plak lengket yang ada di gigi. Kemudian bakteri dalam plak akan mengubah gula menjadi asam yang menggerogoti email gigi dan menyebabkan munculnya lubang.

Mengunyah Permen Kenyal

kenyal

Permen dengan tekstur kenyal merupakan jenis permen dengan tinggi kandungan gula yang tak direkomendasikan bagi gigi. Permen jenis ini mudah menempel pada gigi.

Kandungan gula dari permen ini yang bertemu dengan plak akan menghasilkan asam dan merusak enamel gigi.

Untuk mengatasinya, setelah mengunyah permen ini usahakan untuk minum air putih untuk membersihkan sisa-sisa permen yang ada di gigi.

Minum Soda

Soda juga merupakan minuman dengan kandungan tinggi gula yang harus diwaspadai. Selain itu, soda juga mengandung asam fosfat dan sitrat yang ikut menggerogoti email gigi.

Soda diet juga perlu menjadi perhatian. Walaupun mereka mengandung rendah gula, tetapi mereka mengandung asam dalam bentuk pemanis buatan.

Membuka Bungkus Menggunakan Gigi

menggunakan gigi

Iklan-iklan pasta gigi selalu menampilkan kesan gigi kuat dengan membuka bungkus makanan menggunakan gigi. Kebiasan ini ternyata juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan gigi.

Kebiasaan membuka bungkus seperti ini bisa membuat gigi menjadi retak. Oleh karena itu, cara ini sangat tidak disarankan untuk dilakukan.

Sejumlah hal tersebut merupakan penyebab munculnya masalah gigi yang sering tidak kita sadari.

Pastikan untuk menghindari sejumlah hal tersebut serta kebiasaan buruk lain yang dapat merusak gigi.