THR Cair Langsung Foya-foya? Ingat-Ingat Dulu 4 Hal Penting Ini

Bulan puasa gini yang selalu terbayang adalah waktu berbuka puasa dan tunjangan hari raya (THR) yang akan kamu dapat. Apalagi jika kamu sudah bekerja lebih atau sama dari satu tahun di perusahaan. Sudah pasti kamu mendapat satu kali gaji tambahan di bulan puasa ini.

Tapi ingat ya, THR kamu dapat bukan untuk foya-foya dengan beli baju baru atau barang lainnya. Ada 4 hal penting ini yang harus kamu utamakan. Apa saja?

1. Bayar zakat

THR Cair Langsung Foya-foya? Ingat-Ingat Dulu 4 Hal Penting IniIDN Times/Humas Pemkab Kutim

Ada 2 jenis zakat yang harus kamu bayar. Yakni zakat fitrah dan zakat penghasilan tiap bulannya. Sisihkan THR kamu untuk membayar zakat dulu ya.

2. Biaya mudik

/Nofika Dian

Zakat sudah, sekarang bicara mudik. Kapan kamu mau mudik, naik apa, berapa lama kamu mudik perlu jadi catatan.

Kamu harus cek jadwal keberangkatan dan moda transportasi yang kamu gunakan serta untuk jadwal balik. Perhitungkan ongkos serta biaya tambahan dalam perjalanan.

3. Oleh-oleh atau angpao untuk keluarga dan saudara

THR Cair Langsung Foya-foya? Ingat-Ingat Dulu 4 Hal Penting IniPexels.com/pixabay

Ingat mudik, ingat oleh-oleh. Apalagi jika kamu mudik hingga lebaran. Coba alokasikan THR kamu untuk membeli oleh-oleh atau angpao untuk keluarga dan saudara di kampung halaman.

4. Sisihkan untuk nabung

THR Cair Langsung Foya-foya? Ingat-Ingat Dulu 4 Hal Penting IniIDN Times/Aan Pranata

Satu kali gaji ditambah gaji kamu bulan ini pasti jumlahnya cukup besar. Manfaatkan momen THR ini untuk menabung demi masa depan kamu alih-alih beli baju, motor, mobil baru dan lainnya.

Kamu kelak ingin menikah atau membeli rumah yang tentu biayanya tidak murah. Jadi kamu bisa memulai menabung sejak sekarang.