Tiga Bintang Afrika Berbagi Gelar Top Skor Premier League

Setelah perjalanan panjang selama 38 pekan sejak Agustus 2018, Premier League musim 2018/2019 akhirnya selesai dihelat per Minggu, 12 Mei 2019 kemarin. Manchester City secara luar biasa mampu mengunci gelar di pekan terakhir usai menang 1-4 di kandang Brighton & Hove Albion, yang otomatis memupus harapan Liverpool.

Tak hanya gelar juara, gelar di level individu juga menarik untuk disimak di perhelatan musim ini. Salah satu yang menarik tentu saja adalah perburuan gelar top skor. Di dua pekan terakhir, perburuan trofi Sepatu Emas masih terbuka untuk 7 pemain. Namun di dua pekan sisa, hanya tiga nama yang tersisa yang akhirnya secara luar biasa berbagi gelar ini usai pekan terakhir.

1. Pierre-Emerick Aubameyang

Tiga Bintang Afrika Berbagi Gelar Top Skor Premier Leaguetwitter.com/Arsenal

Untuk diketahui, ini adalah musim penuh pertama Pierre-Emerick Aubameyang di Premier League. Semusim sebelumnya, ia dibeli Arsenal dari Borussia Dortmund pada 31 Januari 2018. Bermain separuh musim kala itu, penyerang timnas Gabon tersebut mampu lesakkan 10 gol di liga.

Di musim penuh, eks pemain AC Milan ini menggila. Bersama duetnya, Alexandre Lacazette, keduanya berkontribusi sebanyak 35 gol dari total 73 gol Arsenal di liga musim ini. Dua gol tambahan dicetak Aubameyang di laga melawan Burnley pada Minggu malam kemarin yang membuatnya menyamai catatan Mohamed Salah dan Sadio Mane, dua pemain Liverpool yang berbagi gelar top skor bersamanya.

2. Sadio Mane

Tiga Bintang Afrika Berbagi Gelar Top Skor Premier Leagueliverpoolfc.co

Dua gol dicetak oleh Sadio Mane kala Liverpool menaklukkan Wolverhampton Wanderers di Anfield pada laga terakhir kemarin. Dua gol itu membuatnya jadi top skor bersama Salah dan Aubameyang yang sama-sama mengoleksi 22 gol di akhir musim. Walau tak mengantar klubnya jadi juara, raihan ini cukup spesial mengingat Mane bukan penyerang murni.

Sejak dibeli dari Southampton, ia langsung jadi andalan di sektor sayap Liverpool. Larinya yang kencang dan penyelesaian akhir yang prima membuatnya jadi momok menakutkan bagi lawan. Namun musim ini, daya ledak kapten timnas Senegal ini meningkat. Jumlah 22 gol di Premier League adalah rekor pribadi terbaik baginya selama berkarier sejauh ini.

3. Mohamed Salah

Tiga Bintang Afrika Berbagi Gelar Top Skor Premier Leaguemiddleeasteye.net

Memimpin puncak daftar top skor memasuki pekan ke-38 dengan jumlah 22 gol, Mohamed Salah gagal menambah rekening golnya di laga kontra Wolves. Walau begitu, itu sudah cukup baginya untuk mempertahankan gelar top skor liga yang disabetnya musim lalu dengan raihan 32 gol!

Andai tak didera cedera kepala di laga kontra Newcastle United, penyerang asal Mesir ini bisa saja menambah catatan golnya melewati angka 22. Walau begitu, dua musim pertama Salah usai kembali ke Inggris bersama Liverpool bisa dibilang sukses besar.

4. Tiga bintang Afrika di puncak daftar top skor

Tiga Bintang Afrika Berbagi Gelar Top Skor Premier LeagueTwitter/@CAF_Online

Selain Salah, dua nama lain yakni Mane dan Aubameyang adalah kapten tim di negara mereka masing-masing. Mane memimpin Senegal sementara Aubameyang jadi andalan dari negara leluhurnya, Gabon, walau sebenarnya ia bisa memperkuat Prancis. Munculnya tiga bintang asal Afrika di puncak top skor Premier League tentu menunjukkan bahwa Benua Hitam tak henti menyumbang penyerang hebat di Liga Inggris sejak era Tony Yeboah, Nwankwo Kanu, Didier Drogba, hingga si bengal, Emmanuel Adebayor.