Tips Belanja Persiapan Lebaran Antiboros

Libur panjang memang identik dengan ajang kumpul atau silaturahim dengan sanak saudara. Tak mengherankan, banyak perantau yang berebut tiket mudik, misalnya saat Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Natal, dan libur panjang lainnya.

Tak hanya itu, masyarakat juga disuguhi beragam diskon jelang lebaran, mulai dari pakaian hingga makanan. Walau begitu, tentu kamu harus pintar-pintar mengelola uangmu. Belanja boleh saja, tapi harus tetap terkontrol. Gimana sih caranya? Simak tips-tips dari IDN Timesberikut ini, ya.

1. Tetapkan prioritas

Tips Belanja Persiapan Lebaran Antiboros IDN Times/Reza Iqbal

Menetapkan prioritas adalah hal yang wajib kamu lakukan sebelum berbelanja. Catat segala kebutuhan yang akan dibeli dan sesuaikan dengan budget yang tersedia. Misalnya, kamu ingin membeli tiga baju baru, tas, sepatu baru, tiket mudik pulang pergi, dan oleh-oleh buat keluarga.

Namun, budget yang kamu punya ternyata gak mencukupi. Berarti, kamu harus mencoret beberapa hal yang gak terlalu mendesak, misal tas, baju, dan sepatu baru. Jadi, kamu tetap bisa beli tiket pulang kampung dan bawa oleh-oleh. Gak papa deh gak ada baju baru, yang penting bisa berkumpul bersama keluarga.

2. Cari referensi sebanyak mungkin

Tips Belanja Persiapan Lebaran Antiboros Instagram.com/@goodlifebca

Setelah mencatat hal-hal yang mendesak dibeli, cari referensi sebanyak mungkin. Kamu bisa membandingkan harga di beberapa e-commerce atau toko yang menjual barang impianmu. Pilih yang harganya paling terjangkau, apalagi kalau ada free ongkir!

3. Manfaatkan sebagian uang THR

Tips Belanja Persiapan Lebaran Antiboros IDN Times/istimewa

Manfaatkan sebagian uang THR untuk belanja kebutuhan lebaran yang diprioritaskan. Tapi, jangan dihabiskan ya, guys. Sisihkan sebagian uang THR untuk ditabung. Berbelanja kebutuhan lebaran memang perlu, tetapi menyiapkan dana darurat juga gak kalah penting lho.

4. Mulai cari diskonan!

Tips Belanja Persiapan Lebaran Antiboros bibli.com

Yup, jelang lebaran memang banyak sekali diskonan di mana-mana. Toko online dan offline berlomba-lomba menawarkan potongan harga. Tapi, tahan diri, guys. Teguhkan hati pada prioritas barang-barang yang mendesak, barulah berbelanja. Jangan tergoda dengan diskon barang-barang lain yang gak terlalu kamu butuhkan.