Vietnam Akan Beli Vaksin Covid-19 Buatan Rusia

vietnam-akan-beli-vaksin-covid-19-buatan-rusia

Serbaberita –┬áKementerian Kesehatan Vietnam sudah mendaftar untuk membeli vaksin Covid-19 buatan Rusia. Demikian dilaporkan stasiun televisi pemerintah Vietnam hari ini. Vietnam kini tengah bertarung melawan pandemi setelah berbulan-bulan tidak mencatat kasus baru.

Rusia Rabu lalu mengatakan gelombang pertama vaksin Covid-19 pertama di dunia akan diedarkan dalam waktu dua pekan. Rusia membantah kekhawatiran para ahli yang menyebut cepatnya vaksin Rusia itu disetujui bisa berbahaya dari segi keamanan.

“Sementara itu Vietnam akan terus melanjutkan pembuatan vaksin Covid-9 buatan sendiri,” kata stasiun televisi vietnam VTV, mengutip kementerian Kesehatan, seperti dilansir laman Bangkok Post, Jumat (14/8).

Pihak Kemenkes Vietnam tidak menyebut berapa banyak dosis yang mereka akan beli dari Rusia atau kapan mereka akan menerima pesanan itu. Kemenkes Vietnam bulan lalu mengatakan vaksin buatan mereka sendiri baru akan tersedia akhir 2021.

Vietnam sempat dipuji dunia karena berhasil menekan angka penularan Covid-19 di awal pandemi lewat tes massal yang cukup agresif, penelusuran kontak dan karantina. Namun kini negara itu menghadapi gelombang pandemi Covid-19 baru yang terkait dengan kota tujuan wisata Danang yang terdeteksi pada 25 Juli lalu.

Vietnam sudah melaporkan 911 kasus dengan 21 kematian.

Perdana Menteri Nguyen Xuan Phuc memperingatkan ada risiko penularan lebih luas dan beberapa hari ke depan menjadi sangat krusial bagi Vietnam dalam menghadapi pandemi.

Ketua Gugus Tugas Penanganan Pandemi Covid-q9 Vu Duc hari ini mengatakan Vietnam tidak punya pilihan lain selain “hidup aman bersama virus.”

“Sekarang warga harus senantiasa waspada dan tahu bagaimana melindungi mereka sendiri dari virus,” kata Dam, seperti dikutip media pemerintah.