Warna-Warni, Begini Cantiknya Sajian Getuk Gondok Legendaris di Magelang

Magelang, bukan hanya dikenal dengan segudang destinasi wisatanya yang begitu menarik. Sejumlah kuliner di Magelang juga punya keunikan yang sayang sekali jika Anda lewatkan begitu saja.

 

Salah satunya yakni jajanan tradisional khas Magelang bernama Getuk Gondok. Sekilas warna dari Getuk Gondok ini terlihat sangat menarik.

 

Ada perpaduan warna cokelat dan putih, kemudian hijau serta merah muda. Bagi Anda yang mungkin belum tahu, getuk merupakan jajanan tradisional khas Jawa Tengah dan Jawa Timur.

 

Jajanan tradisional ini umumnya terbuat dari bahan utama berupa singkong. Nah, kalau Getuk Gondok ini merupakan salah satu jajanan tradisional yang terbilang legendaris lho, di Magelang.

 

Getuk Gondok di Magelang. (Instagram/@feb_rinaaa)

Getuk Gondok Hj. Sri Rahayu di Magelang ini rupanya sudah ada sejak tahun 1985 silam. Kios berjualannya pun terbilang sederhana di Pasar Redjowinangun.

 

Di balik nama unik getuk ini ternyata tersimpan sebuah cerita. Usut punya usut, ternyata nenek dari Ibu Hj. Sri Rahayu ini dahulu sempat menderita penyakit gondok.

 

Oleh karenanya, kemudian jajanan yang dijual Ibu Hj. Sri Rahayu ini dinamakan dengan Getuk Gondok.

Getuk Gondok di Magelang. (Instagram/@Inadsliem)

Rasa dari Getuk Gondok ini begitu lembut dan nikmat, jadi tak heran jika jajanan ini kerap diburu tak hanya oleh warga lokal melainkan wisatawan.

 

Tak jarang banyak sekali wisatawan yang menjadikan Getuk Gondok ini sebagai oleh-oleh. Getuk Gondok sendiri dijual seharga Rp 10 ribu untuk ukuran kotak kecil.

Getuk Gondok di Magelang. (Instagram/@ny.rempong)

Kemudian untuk Getuk Gondok ukuran kotak besar dibanderol seharga Rp 25 ribu. Ada pula klepon, jongkong dan moci kacang yang dibanderol seharga Rp 5 ribuan per buah.

 

Getuk Gondok ini setiap harinya dijual di Pasar Redjowinangun, Jalan Mataram Nomor 9A, mulai pukul 08.00 pagi sampai dengan 17.00 sore.

 

Nah, menarik sekali bukan? Jadi, jika Anda mungkin sedang berwisata ke Candi Borobudur di Magelang atau destinasi lainnya, jangan lupa untuk membawa pulang Getuk Gondok ini ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *